(Form Pengaduan Masyarakat ITJEN KEMDIKBUD)

Definisi dan Istilah

Dalam Pengaduan ini yang dimaksud dengan :

  • Pengaduan adalah proses memberikan informasi tertulis yang disampaikan Pelapor sehubungan dengan adanya dugaan Pelanggaran.
  • Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non-elektronik.
  • Pelanggaran adalah perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan, kode etik, dan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan publik, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) yang terjadi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Pelapor Pengaduan adalah pegawai/pejabat di lingkungan LPMP Kepulauan Bangka Belitung dan/atau masyarakat.
  • Pegawai Aparatur Sipil Negara adalah pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  • Pejabat terkait adalah pejabat yang berwenang menjatuhkan hukuman disiplin sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.
  • Sarana Pengaduan adalah media yang digunakan untuk menyampaikan Pengaduan.
  • Satuan Pengawasan Intern adalah unit pengawasan yang dibentuk untuk membantu terselenggaranya pengawasan terhadap pelaksanaan tugas satuan kerja di lingkungan LPMP Kepulauan Bangka Belitung.
  • Unit kerja adalah unit yang berada di bawah lingkungan unit utama, pusat di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Pimpinan unit kerja adalah Sekjen, Direktur, Inspektur, Kepala dan Koordinator di lingkungan Kementerian Pendididkan dan Kebudayaan.
  • Menteri adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sarana dan Mekanisme Penanganan Pengaduan :

  1. Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan adanya dugaan Pelanggaran terhadap pelayanan yang diberikan oleh pejabat dan/atau pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkungan LPMP Kepulauan Bangka Belitung.
  2. Pengaduan masyarakat disampaikan kepada Inspektorat Jenderal dan Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) dengan tembusan kepada Menteri.
  3. Pengaduan bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung kepada Inspektorat Jenderal dengan tembusan kepada Menteri.
  4. Penyampaian pengaduan secara langsung dilakukan dengan mendatangi Inspektorat Jenderal.
  5. Penyampaian pengaduan secara tidak langsung dilakukan melalui laman ke alamat https://lpmpbabel.web.id yang langsung terhubung dengan laman pengaduan Itjen Kemdikbud.
  6. Penyampaian pengaduan secara langsung dan tidak langsung harus dilampiri alat bukti.
  7. Inspektorat Jenderal wajib memberikan perlindungan kepada Pelapor Pengaduan.
  8. Dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, Inspektorat Jenderal dapat meminta bantuan kepada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).
  9. Inspektorat Jenderal dalam rangka memberikan perlindungan kepada Pengadu/Pelapor Pelanggaran, menjaga kerahasiaan identitas Pelapor Pengaduan.
  10. Inspektorat Jenderal menerima, mengelola, dan menindaklanjuti Pengaduan.
  11. Selain menerima, mengelola, dan menindaklanjuti Pengaduan, Inspektorat Jenderal bertindak sebagai koordinator yang mengawasi pelaksanaan pengelolaan Pengaduan pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Pengelolaan pengaduan oleh Inspektorat Jenderal dengan cara melakukan:
    • pengadministrasian pengaduan;
    • analisis pengaduan untuk memperoleh kejelasan suatu pengaduan dapat ditindaklanjuti;
    • konfirmasi, klarifikasi, dan memberikan rekomendasi;
    • penyusunan laporan pengaduan; dan
    • penyusunan tindak lanjut atas rekomendasi.
  13. Rekomendasi disampaikan ke pimpinan unit kerja.
  14. Pimpinan unit kerja menindaklanjuti dan menyelesaikan Pelanggaran sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(Form Pengaduan Masyarakat ITJEN KEMDIKBUD)