Berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan dasar dan menengah. Tujuan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan oleh satuan pendidikan dasar dan menengah berjalan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Tentang Standar Nasional Pendidikan diamanatkan bahwa setiap Satuan Pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.


Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Sesuai peraturan perundangan yang berlaku setiap satuan pendidikan wajib melakukan penjaminan mutu sesuai kewenangannya.Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah berama-sama memiliki budaya mutu. Untuk itu dibutuhkan program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).


Sebagai langkah awal rangkaian kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan, setiap satuan pendidikan harus mampu melakukan pengumpulan data peta mutu. Pengumpulan data peta mutu ini diperlukan agar setiap satuan pendidikan dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing berkaitan dengan pencapaian Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan untuk mencapai dan bahkan melampaui SNP.

LPMP Kepulauan Bangka Belitung sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud mempunyai kewajiban mengawal program penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan melaksanakan kegiatan Pendampingan Pengumpulan Data Mutu Pendidikan yang dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Tahap 1 dilaksanakan rentang waktu 30 Juli sampai dengan 2 Agustus 2018, bertempat di 3 Kabupaten, yaitu Kab. Bangka, Kab. Belitung dan Kab. Belitung Timur. Sedangkan tahap 2 dilaksanakan tanggal 7 sampai dengan 10 Agustus 2018 di 4 Kabupaten/Kota yaitu Kab. Bangka Barat, Kab. Bangka Tengah, Kab. Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang. Sasaran pendampingan pengumpulan data ini adalah 18 sekolah meliputi jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK setiap Kabupaten/Kota yang ditentukan secara acak/sampling.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu adanya dokumentasi pengisian instrumen, entri data, hasil verifikasi instrumen oleh pengawa sekolah serta database kemajuan entri data setiap responden sekolah. Progres pengiriman data mutu pmp dapat dilihat pada http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres