LPMP Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu lembaga penyelenggara pelayanan publik. Dalam upaya peningkangkatan penataan berbasis good governance, LPMP Kepulauan Bangka Belitung menetapkan standar layanan. Standar layanan merupakan acuan dasar yang digunakan sebagai tolak ukur dalam penyelenggaraan pelayanan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang selaras dengan kemampuan penyelenggara sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan menyelenggarakan sosialisasi standar layanan pada tanggal 6-8 Desember 2017 bertempat di AULA LPMP kep. Bangka Belitung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan provinsi dan dinas pendidikan kabuaten/ kota, kepala sekolah, guru, ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Prov Kep. Bangka Belitung, dan dewan pendidikan Prov. Kep. Bangka Belitung.

Standar layanan yang disosialisasikan diantaranya Standar Pelayanan Data dan informasi Satuan Pendidikan, Standar Pelayanan Kerja Sama Peningakatan Mutu Pendidikan, Standar Pelayanan Peminjaman Fasilitas Wisma, Standar Pelayanan Permohonan Narasumber, dan Standar Pelayanan Supervisi Mutu Pendidikan. Metode yang digunakan dalam pembahasan standar layanan adalah metode dengar pendapat. Setelah dilakukan pembahasan, hasil masukan peserta sosialisasi diperbaiki untuk selanjutnya dilakukan penetapan standar layanan LPMP Kepulauan Bangka Belitung.